Tuesday, December 11, 2012

Berlian: Teman Terbaik Perempuan

Hati wanita mana yang tidak luluhkan oleh sosok berlian yang memesona? Kemilau dan bentuknya yang cantik, membuat batu indah ini menjadi pilihan utama kaum Hawa. Namun, apakah benar berlian adalah sahabat terbaik mereka?


Tidak dimungkiri, berlian adalah batu permata paling bernilai dan bercahaya. Jika dibanding jenis batu permata lain, berlian yang memiliki nilai paling tinggi. Nilai berlianpun semakin tinggi ketika bentuknya terpotong artistik dan memiliki tingkat kebeningan tinggi. Cahayanya yang memikat membuat banyak perempuan tergila-gila dengan berlian. Berlian, layaknya sahabat sejati yang selalu menjadi pemanis dalam bidang mempercantik penampilan.


Namun apakah berlian menjadi sahabat terbaik perempuan, karena kemilaunya, atau justru karena harganya yang tinggi? Di masa lalu, para Puteri kerajaan mengenakan berlian ketika upacara pernikahannya dilangsungkan. Berlian yang disematkan, tentu merupakan hadiah istimewa dari mempelai pria. Tidak hanya disematkan di jari manis, pengantin bahkan sering menabur berlian-berlian di gaun, sesuatu yang melambangkan harga diri dan kehormatan.

Saat ini, perempuan tidak hanya mengharapkan "kehadiran" berlian di hari pernikahan. Mereka juga membeli berlian untuk berbagai acara, seperti pertunangan, hari jadi, ulang tahun, dan sebagainya. Inilah alasan, mengapa berlian dianggap sahabat sejati perempuan.

Ketika perkembangan aksesoris melesat, berlian tidak hanya dikenakan sebagai cincin. Banyak yang menggunakannya untuk memperindah gelang kaki. Bindi, tanda kecantikan perempuan India di dahi, juga banyak yang menggunakan berlian. Bahkan tindik di hidung demikian. Tren yang semakin berkembang ini kian meyakinkan, bahwa: diamonds are girl�s best friend.

Berlian akan selalu popular ketika ada pria memilih perhiasan untuk kekasihnya, selain emas tentunya. Berlian, bisa menjadi barang pemberian sempurna untuk orang terkasih. Bukan hanya karena kemilaunya yang memesona, tapi juga karena harga belinya yang tinggi. Dan tidak disangkal, seseorang, bukan hanya perempuan, merasa senang jika diberi hadiah yang harga belinya tinggi.

Walaupun demikian, di balik semua itu, jelas terlihat kalau berlian memang memiliki bentuk yang cantik. Apalagi dengan aneka bentuk yang cantik, makin menambah sinar kemilaunya. Namun apakah saat ini berlian masih jadi sahabat sejati perempuan?

Hal ini mulai dipertanyakan, karena beberapa tahun ke belakang, industri berlian menurun. Dilansir dari Forbes, beberapa peritel berlian AS sudah tutup buku, sementara beberapa lainnya berusaha mati-matian memasarkan produknya dengan pasar yang alot. Namun ini bukan berarti berlian dilupakan. Batu permata ini masih menjadi pilihan utama untuk diberikan kepada orang terkasih. Berikut adalah beberapa jenis berlian yang ada di dunia:

World Class Diamonds

Berlian diklasifikasi dalam beberapa kelas. Ada yang sekadar dibedakan atas tipe I dan tipe II, kemudian ada yang berdasarkan bentuk. Terdiri dari bulat, oval, marquise, buah pir, hati, zamrud, princess cut (segi empat), trilliant (segi tiga), dan radiant. Selain itu, ada jenis-jenis berlian berdasarkan warna. Berikut adalah penjelasan macam-macam berlian berdasarkan warna.

Pink Diamonds

Selama bertahun-tahun, berlian putih dianggap batu berlian paling cantik. Namun penemuan berlian merah jambu merubah hal tersebut. Kini berlian ini merupakan berlian paling langka dan paling bernilai di Bumi. Di tambang Argyle, Australia, yang merupakan penghasil 95% berlian dunia, hanya memiliki proporsi berlian merah jambu kecil. Dari keseluruhan yang dihasilkan, kurang dari satu persen berlian ini ditemukan. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan tingginya luar biasa. Saat ini, harga berlian merah jambu, dijual 1 juta dollar AS per karat.

White Diamonds

Berlian putih diproduksi oleh tambah di seluruh dunia dengan beragam jenis bentuk dan ukuran. Berlian jenis ini ialah yang paling umum ditemukan dan banyak tersedia. Berlian putih umumnya dibedakan atas tingkat kejernihan. Semakin jernih, semakin tinggi harga jualnya. Berlian putih sendiri, juga diklasifikasi sebagai berlian paling alami.

Colored Diamonds

Berlian lain yang termasuk kategori ini, antara lain warna kuning, biru, hijau, dan champagne. Warna-warna yang dihasilkan berasal dari pewarnaan alami yang terjadi dengan sendirinya. Berlian dengan warna-warna ini lebih jarang ditemukan dibanding berlian putih. Ragam bentuk dan ukuran juga ditawarkan, dengan harga jual beragam pula. Edh/R-1



Selebritas Penyuka Berlian

Madonna

Sebagai ikon style selama 30 tahun terakhir, Madonna memang memiliki kemampuan dalam menyihir orang banyak untuk mengikuti gayanya. Melalui gaya-gayanya yang luar biasa, penyanyi 54 tahun itu seringkali melengkapi busana, beserta aksesorisnya dengan taburan berlian. Madonna pun memiliki selera unik jika berbicara berlian, yakni ia menyukai berlian yang memiliki tampilan era Edward.

Paris Hilton

Model dan sosialita ini salah satu selebritas Hollywood yang menggemari berlian. Di 2005, Paris sempat bertunangan dengan pengusaha kapal pesiar Yunani. Cincin berlian pertunangan yang diberikan untuk Paris bisa dibilang paling fenomenal sepanjang sejarah, karena berharga 4,7 juta dollar AS. Selain itu, perempuan yang sekarang berpacaran dengan model River Viiperi itu, memiliki banyak koleksi berlian lain, mulai dari kalung, anting, hingga gelang.

Elizabeth Taylor

Ia dikenal sebagai selebritas penggemar berat berlian. Legenda layar lebar tersebut, selalu melengkapi pesona kecantikannya dengan kemilau berlian. Salah satu koleksi fenomenalnya mahkota cantik berbalur berlian. Dirinya juga memiliki cincin berlian 29 karat. Berlian berbentuk buah pir 69 karat (yang telah dijual untuk kemudian disumbang ke rumah sakit), dan cincin berlian Krupp yang terkenal hingga sekarang. Saking tergila-gilanya dengan berlian, Elizabeth bahkan menulis buku Elizabeth Taylor: My Love Affair with Jewelry. edh/R-1


Pendapat Selebritas Lokal

Zaskia Sungkar
Tak Berani Investasi

Banyak selebritas membeli berlian sebagai investasi, namun rupanya hal itu tidak berlaku untuk Zaskia Sungkar. Ia mengaku belum berada dalam tahap membeli berlian untuk investasi, namun masih dalam batas memakai. "Aku kurang suka beli berlian, punya, tapi cuma beberapa. Salah satunya pemberian dari suami. Aku suka pakai saja, tidak sampai dijadikan investasi," kata Zaskia, beberapa hari lalu.

Menurut istri Irwansyah ini, ia tidak terlalu tertarik membeli berlian. Dia lebih suka membeli tas, sepatu atau pakaian. "Aku kurang hobi kalau perhiasan. Senangnya memang beli aksesoris. Berlian bagus sih, tapi sayang juga kalau dipakai setiap hari. Kalau untuk investasi, aku mending beli tanah atau rumah," ujarnya.

Meskipun demikian, ia mengakui berlian adalah salah satu perhiasan paling diburu oleh wanita. "Memang agak janggal sih, aku kurang suka berlian. Selain harganya cukup mahal, aku juga takut kalau hilang. Kan sayang, soalnya barangnya kecil begitu" kata anak Mark Sungkar ini. smn/R-1

0 comments:

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]