Friday, December 7, 2012

Gula, Pemanis Hidup Kita

Selain dikenal karena rasanya yang manis, gula dipercaya memiliki manfaat lain untuk mencerahkan hidup Anda. Berikut, adalah 'another benefits' yang dapat diperoleh dari si manis gula.

Menjaga kecantikan dan merawat tubuh
Tahukah Anda, penelitian membuktikan bahwa gula dapat melarutkan sel-sel kulit mati? Bentuk dan struktur gula yang seperti kristal, dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati secara lembut, karena gula alami, mengandung alpha-hydroxy acids yang dapat membuat kulit mulus, bercahaya, tanpa iritasi.

Selain itu, ia bisa menjadi alat detoksifikasi alami. Gula merah bahkan dapat membuat kulit terhindar dari bakteri, dan bebas racun. Bahkan bisa meminimalkan selulit. Scrub gula akan membantu Anda melembabkan kulit. Perawatan scrub gula dapat membuat rileks dan meringankan stres. Tumit retak dan kaki kering dapat pula terselesaikan dengan gula.

Namun jika tidak punya cukup waktu dan uang untuk pergi ke salon yang menyediakan treatment gula, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya dengan melakukan facial gula. Cukup cuci wajah dengan facial soap dan air hangat, lalu ambil sekitar satu sendok gula di tangan, dan aplikasi ke wajah dengan gerakan memutar, namun ingat hindari daerah mata.

Biarkan 15 menit, basuh kembali wajah dengan air sampai bersih. Keringkan dengan handuk, dan jangan lupa pakai pelembab wajah. Atau bisa juga melakukan scrub gula dengan mencampurnya dengan minyak zaitun, hingga berbentuk pasta. Begitu juga dengan tubuh, lakukan seperti Anda luluran biasa.

Armpit Whitening
Selain baik untuk wajah, gula juga bisa digunakan untuk memutihkan ketiak. Setiap Anda mencukur atau mencabut bulu ketiak, biasanya akan menyebabkan penggelapan kulit. Hal itu terjadi akibat kebersihan yang kurang terjaga dan penumpukan sel kulit mati, atau bisa juga karena bahan kimia deodoran. Tentunya sangat tidak nyaman, terutama bagi wanita mengalami kondisi ini, terutama jika memakai tank top atau baju renang.

Solusinya, cukup mencampurkan perasan jeruk nipis dengan satu sendok teh gula. Gula kristal berfungsi menggosok kulit, sedangkan jeruk nipis bermanfaat memutihkan secara alami. Pijat daerah sekitar ketiak sampai gula meleleh. Bilas dengan air. Namun jangan dilakukan setelah mencukur, karena air jeruk nipis akan terasa perih di kulit. Lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Mengatasi Bibir Pecah
Anda kesulitan memakai lipstik saat kondisi bibir buruk? Hingga akibatnya lipstik menempel tidak sempurna? Mudah, solusinya adalah dengan menggunakan gula dan minyak zaitun. Oles pada bibir hingga kulit-kulit kasarnya mengelupas, ini tidak akan menyebabkan rasa sakit atau perih. Lalu pakailah lipstik, namun bila bibir benar-benar kering, ada baiknya Anda menggunakan lip-balm terlebih dahulu.

Bagus bagi pertumbuhan tanaman
Tanaman membutuhkan tiga hal penting, yakni cahaya, air, dan nutrisi untuk berkembang dan menghasilkan hasil optimal. Tanaman secara alami menghasilkan gula, seperti glukosa dan sukrosa selama fotosintesis. Gula diproduksi, kemudian disimpan untuk energi, lalu membantu penyerapan nutrisi dan mineral. Gula membantu tanaman tumbuh dan energi yang dihasilkan digunakan untuk membentuk jaringan sel baru.

Dalam studi di University of Southern California, tiga kelompok tanaman kacang disiram dengan tingkatan air gula berbeda-beda (0 g, 25 g, 50 g). Kelompok tanaman yang disiram dengan larutan 50 g air gula, tidak hanya menjadi tanaman terbesar dan terkuat, tapi juga tersehat.

Mengawetkan Bunga
Bunga yang telah dipotong di bagian tangkai, biasanya tidak akan bertahan lama hidup. Namun nyawa bunga-bunga ini akan lebih lama, jika Anda menambahkan gula di vas yang sudah berisi air. Ketika bunga dipotong, mereka kehilangan sumber makanan alami dan akan cepat layu, lalu mati. Gula yang dilarutkan dalam air di dalam vas, akan memberi asupan makanan kepada bunga, yang diserap melalui batang. arm/R-1


Pendapat Dokter
Sumber Energi dan Metabolisme

Dokter Bachtiar, yang berpraktek di Rumah Sakit Aulia, Jakarta Selatan mengungkapkan beberapa manfaat tentang gula. Jika ditelisik dari sisi medis, gula dapat berperan sebagai sumber kalori (karbohidrat), untuk energi dan metabolisme tubuh.

Otak manusia adalah organ yang paling banyak memerlukan gula untuk metabolisme, karena jaringan otak dan sel saraf pusat, tidak dapat memproduksi glukosa sendiri, layaknya jaringan tubuh lain. Bahkan dari beberapa penelitian dikatakan, gula juga memunyai khasiat lain, yaitu dapat menghaluskan kulit (digunakan sebagai scrub). Ia juga manjur untuk mengurangi nyeri, dan dapat dipakai untuk mempercepat proses penyembuhan luka ringan.

"Gula adalah makanan yang paling cepat memberikan energi tambahan, sehingga banyak atlet menggunakan gula untuk menambah energi instan. Untuk orang yang menderita tekanan darah rendah, disarankan mengkonsumsi cukup gula dalam batas normal, untuk meningkatkan tekanan darah. Gula juga dapat digunakan mengatasi kecanduan terhadap alkohol dan rokok," jelas Bachtiar.

Gula juga memiliki khasiat lain, dikarenakan ia sumber energi yang sangat penting bagi tubuh manusia, selain protein dan lemak. Sehingga hampir semua metabolisme dan aktifitas sel dalam tubuh kita, memerlukan gula. Begitupun tumbuhan, selain sinar matahari, tumbuhan juga memerlukan gula untuk proses metabolisme. Sebuah penelitian mengatakan, untuk menjaga kesegaran bunga, dapat dilakukan dengan cara menambah 1 sendok teh gula, dalam air di vas.

"Akibat bila kekurangan gula, sebuah keadaan yang disebut hipoglikemia. Ini kondisi di mana kadar gula darah rendah. Kadar gula disebut rendah, apabila ia berada di di bawah level 60 mg/dl." Gejala yang timbul bila hal ini terjadi, adalah gelisah, gemetar, banyak berkeringat, lapar, pucat, dan sering menguap karena mengantuk. Lemas, sakit kepala, jantung berdebar, rasa kesemutan di lidah, jari tangan, dan bibir, penglihatan kabur dan tidak dapat berkonsentrasi.

Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, penderita akan kejang dan kesadaran menurun. Apabila terlambat mendapatkan pertolongan, mengakibatkan kematian. Hipoglikemia lebih berbahaya dibanding kelebihan kadar gula darah (hiperglikemia) karena kadar gula darah yang terlalu rendah lebih dari enam jam, dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada jaringan otak dan saraf. "Akibatnya dapat menyebabkan kemunduran fungsi otak," tambah sang dokter.

Keberadaan gula sangat penting bagi kehidupan, meskipun efek yang ditimbulkan juga tidak baik bila kadarnya berlebih. Intinya, jika kadar gula cukup, maka kita dapat manfaatkan gula sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari. smn/R-1

0 comments:

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]