Friday, December 7, 2012

Pengumuman Nominasi Festival Film Indonesia 2012

Panitia juri Festival Film Indonesia (FFI) 2012, sepakat untuk menentukan beberapa film yang masuk nominasi ajang penganugerahan tertinggi bagi insan perfilman Indonesia. Pada tahun ini, beberapa film televisi masuk nominasi peraih anugerah FFI antara lain Bintang Film, Cinta Pengamen Badut, Citra, Namaku Pariyem, dan Pahala Terindah.

Menurut Ketua Dewan Juri FFI 2012, Arswendo Atmowiloto, sangatlah sulit memilih film-film televisi dalam ajang ini. "Sulit karena semuanya memiliki ciri khas dan ceritanya yang amat bagus," ucap dia. Dalam FFI 2012 ini, ada 77 judul film FTV yang harus di seleksi oleh 7 orang juri.

Kesulitan juga dialami untuk seleksi penilaian kategori film pendek yang terhitung masuk sekitar 130 film dan harus dinilai oleh tim dewan juri yang berjumlah 5 orang. Adapun 5 judul film pendek sudah masuk dalam nominasi yakni Langkah Receh, Long Imagine, Memburu Harimau, Rahasia, dan Wan An.

Sedangkan untuk film dokumenter, ada 75 yang mendaftar dan yang masuk dalam nominasi hanya 5 judul film yaitu A Short Story of Raden Saleh Syarief Bustaman, Bandung Lintas Masa, 'Bena' Eksotika Megalitik, Di Batas Kekuasaan dan yang terakhir Wae Rebo Menjaga Hunian Demi Peradaban.

Hasil penilaian yang terakhir adalah pengumuman daftar nominasi peraih anugerah FFI untuk Film Bioskop FFI 2012, antara lain berjudul Demi Ucok, Lovely Man, Rumah di Seribu Ombak, Soegija, dan Tanah Surga ... Katanya.

"Kita sudah bekerja keras selama hampir sebulan untuk memilih-milih film bioskop, film pendek, film dokumenter dan film televisi. Dan inilah hasilnya, menurut kami ini adalah film yang terbaik dari yang baik," papar Ketua Panitia Penjurian FFI 2012, Aditya Gumay, saat ditemui Koran Jakarta pada malam pengumuman nominasi film FFI 2012 di Metropole, Cikini, Jakarta, Senin (26/11). smn/R-3

0 comments:

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]